Kalimat itulah yang menjadi satu di antara topik riungan Dapoer Sastra Tjisaoek (DST.), Tangerang, Banten РIndonesia, pada Minggu, 12 Februari 2023. Cikeu Bidadewi Rusdana, atau biasa dipanggil dengan panggilan akrab Teh Cikue, Novelis sekaligus Penulis Rubrik Sosialita  berkenan menerima Peserta Riungan, di rumahnya yang asri penuh pepohonan, di bilangan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten.

Semua peserta dipersilakan menikmati acara utama riungan DST, yaitu PIDATO (ngopi, dahar/makan minum, dan poto poto). Setelah itu, dilanjutkan dengan bincang santai seputar DST, mbludus.com, dan kehidupan ringan sehari-hari, namun tetap sambil tidak meninggalkan acara utama.

Satu di antara obrolan kali ini adalah saling berbagi pengalaman bahwa seringkalinya tidak sedikit Komunitas apa pun, termasuk Komunitas Sastra semacam DST akan bisa tidak bersemangat, dan akhirnya bubar, ketika masing masing anggotanya mulai berusaha memakai terompah kehidupannya ketika sedang bersama-sama bergiat di Komunitas.

Padahal terompah tersebut sama sekali tidak terkait dengan semangat wadah Komunitas, semisal Terompah indahnya sebagai Pimpinan di tempat kerja, Status sosial ketokohan di lingkungan masyarakat, atau pun Kondisi ekonomi yang dimiliki.

Hampir bisa dipastikan Pemakaian terompah seperti itu di tengah-tengah kegiatan Komunitas, bisa berpotensi timbul kesan hanya sekadar unjuk kebolehan akan terompah masing masing, yang ujung-ujungnya bagi yang merasa tidak memerlukan terompah tersebut, akan segera undur diri satu persatu, dan akhirnya Komunitas itu pun segera bubar.

mbludus

Lain halnya dengan DST, meski hampir tidak pernah diurus secara masif dan terstruktur lebih dari sepuluh tahunan, ternyata DST terus bisa bergerak menuju takdirnya yang lebih baik.

Satu di antara kinerja Komunitas DST adalah lahirnya Jurnal Online mbludus.com.

Sampai dengan bulan Februari 2023 ini, 390 ribu lebih pembaca dari 98 Negara, di antaranya dari Amerika, Eropa, Asia, Australia, dan Afrika telah dan sedang membaca mbludus.com. Adapun Negara ke 98 yang mengunjungi mbludus.com adalah Negara Sudan.

mbludus 3

mbludus 4

Kinerja yang bagus ini, semoga diperoleh dari semangat teruslah melepas terompah kehidupan masing masing ketika sedang bersama sama bergiat di Komunitas DST, dan atau di mbludus.com sebab seluruh anggota DST adalah satu keluarga yang dipersatukan oleh usaha mewujudkan cita-cita bersama atau pun masing-masing. Semua anggota keluarga saling sinergi dan kolaborasi, setara dalam berkarya meraih cita-cita, seperti ungkapan bijak:

“Lepaskan terompahmu, sebab dirimu sedang berada di lembah usaha mewujudkan citacita bersama dan atau pribadi melalui dunia Literasi”.

Disamping itu menurut wejangan Kasepuhan DST., Begawan Sastra Abah Yoyok:

“Kebersamaan itu penting, namun pada akhirnya kita pun akan kembali pada kehidupan kita masing masing.(red/13/2/23)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *