Tradisi

Permainan Jadul- Das 16

Permainan Jaman Dulu
Jangan Lupa Di Rate Ya!
Tinggal Pilih Bintang Saja!

PERMAINAN JADUL – DAS 16

Permainan Das 16, atau  Macanan atau ada juga yang menyebutnya Catur Jawa adalah permainan yang mirip permainan catur atau halma. Dimainkan oleh 2 orang dengan menggunakan alat Papan Das yang bisa dibuat/digambar di atas karton, ubin, tanah atau papan. Masing-masing pemain mempunyai 16 biji das. Pemain yang bisa menghabiska biji das lawan adalah pemain yang dinyatakan sebagai pemenang. Gambar Papan Das dan pemasangan Biji Das adalah seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Permainan Jaman Dulu

Keterangan:

Garis-garis dalam papan das yang menghubungkan titik ke titik adalah acuan atau garis untuk menjalankan biji das, lurus ke depan, serong atau ke samping kiri dan kanan.

Dalam permainan, posisi biji das adalah seperti yang terlihat dalam gambar. Jumlah biji das keseluruhan adalah 32 biji. Masing-masing pemain punya 16 biji yang dibedakan dalam warna atau bentuk.

CARA BERMAIN DAS-16

  1. Menjalankan Biji Das

Biji Das dijalankan dengan mengikuti garisdalam kotak-kotak Papan Das, dari satu titik ke titik yang lain. Boleh lurus kedepan, serong atau ke samping kiri dan kanan. Tidak boleh mundur. Siapa yang main atau jalan terlebih dahulu dapat ditentukan dengan gamsit atau kesepakatan antara pemain sja. Menjalankan biji das dilakukan bergantian antara 2 pemain. Menjalankan biji das itu bisa hanya menggeser biji pindah ke titik tertentu atau memakan biji das lawan main.


2. Makan atau Nembak

Pemain yang giliran jalan bisa menembak atau memakan biji das lawan dengan cara melompati biji das lawan apabila posisi memungkinkan. Yaitu biji das lawan berada di hadapan dan titik das di belakangnya kosong (tidak ada biji das), baik dalam formasi serong, lurus ke depan atau ke samping kiri dan kanan. Berikut adalah contoh  posisi  biji das yang ‘harus’ memakan/menembak biji das lawan. Biji hitam harus makan biji putih. (lihat gambar di bawah ini)

Permainan Jadul

  1. DAS

Memakan atau nembak biji das lawan main adalah ‘wajib’ hukumnya jika memang ada biji das lawan yang bisa dimakan. Jika sengaja tidak dimakan atau pemain lupa memakan, maka pemain yang tidak memakan atau lupa memakan biji das dinyatakan ‘DAS’, ‘Fault’, ‘DIS’ atau ‘Bersalah” karena dianggap telah  menyia-nyiakan kesempatan. Karena itu dia harus dihukum denda. Lawanmainnya diperbolehkan mengambil 3 biji das miliknya, lalu menjalankan biji das nya. Dalam menjalankan biji das itu bisa juga menembak biji das yang memang bisa dimakan.

  1. MACAN

Macan adalah status atau kondisi apabila jumlah biji das pemain atau lawannya tinggal 1. Sebagai biji macan maka dia punya keistimewaan dalam melangkah(berjalan) dan  makan (nembak). Macan bebas melangkah dan makansepanjang masih sesuai garis lurus ke depan, ke belakang, serong atau kesamping kiri dan kanan. Macan boleh melangkah atau makan dengan melompati beberapa titik dalam stu garis di kotak-kotak Papan Das. Macan juga boleh makan sejumlah biji das (ganjil atau genap) yang berderet dalam satu garis.

  1. PEMENANG

Pemenang dalam permainan DAS 16 adalah pemain yang berhasil memakan seluruh biji das lawan. (AY)

Leave a Comment