Tradisi

Permainan Das-3

Permainan Anak
Jangan Lupa Di Rate Ya!
Tinggal Pilih Bintang Saja!

Permainan Das-3

Banyak ragam permainan ringan untuk hiburan, mengolah kecerdasan dan atau sekedar mengisi waktu luang, seperti misalnya: Monopoli, Halma, Ludo, Ular Tangga, dsb.  Jenis permainan tersebut sampai saat ini masih ada dan disenangi banyak orang, dari anak-anak sampai dewasa.   Di kesempatan kali ini, kami ingin memperkenalkan sebuah permainan jadul yang tak kalah asyik dan sekarang ini sudah dilupakan orang. Permainan DAS-3 atau DAMDAS.  Yaitu permainan sederhana yang tidak butuh modal karena kita bisa membuatnya sendiri.

Permainan DAS-3 hanya membutuhkan kotak lapangan bermain yang bisa kita buat (gambar) di sembarang tempat dan tidak membutuhkan ruang yang luas. Bisa di selembar kertas, di meja, di lantai, atau di mana saja. Permainan dilakukan oleh dua orang.dimana masing-masing pemain  memegang biji das sebanyak 3 biji. Warna atau bentuknya berbeda. Pemain jalannya bergantian meletakkan biji das di titik-titik tertentu di papan das. Bila pemain berhasil meletakkan 3 biji das dalam 1 garis lurus, dia dinyatakan menang. Karena itu masing-masing pemain dalam meletakkan biji das berusaha agar lawan tidak bisa menempatkan ketiga biji das dalam satu garis lurus (3 titik dalam 1 garis).

Gambar Papan Das untuk permainan DAS-3 adalah sebagai berikut.

Permainan Anak

Keterangan:

Titik pertemuan garis adalah tempat meletakkan biji das. Selanjutnya biji das dijalankan dari dari satu titik ke titik dengan mengikuti garis

Pada awal permainan papan das dalam keadaan kosong. Masing-masing pemain memegang 3 biji das yang dibedakan dalam warna atau bentuk.


CARA BERMAIN:

Permaianan DAS-3 dimainkan oleh 2 orang, siapa pemain yang pertama kali jalan ditentukan dengan  gamsit atau berdasarkan kesepakatan atau gantian. Selanjutnya permainan dilakukan dengan urutan sebagai berikut:

  1. Pemain pertama meletakan sebuah biji das di titik tertentu pada papan das.
  2. Pemain kedua meletakkan biji das dengan mempertimbangkan agar pada langkah berikutnya lawan tidak bisa meletakan biji das sampai berderet 3.
  3. Pemain pertama meletak biji das kedua.
  4. Pemain kedua meletakkan biji  das di posisi yang bisa mencegah agar posisi biji das lawan tidak bisa berderet 3 dalam satu garis lurus.
  5. Pemain pertama meletakkan biji das yang ketiga. Jika tak bisa meletakkan posisi biji das terakhirnya menjadi sederet, maka dipilih posisi yang paling memungkin untuk nantinya  bisa di geser menjadi berderet lurus ketiga biji das-nya.
  6. Pemain kedua meletakkan biji das yang terakhir di posisi yang kira-kira memungkinkan untuk bisa memenangkan pertadingan.
  7. Jika setelah ketiga biji das dari masing-masing pemain sudah diletakan di titik-titik tertentu pada papan das, dan belum dalam posisi berderet dalam 3 titik di garis lurus, maka permainan dilanjutkan dengan menggeser biji-biji das ke titik-titik yang kosong dalam papan das secara bergantian. Pemain yang berhasil memposisikan ketiga biji das menjadi sederet  dalam garis lurus, dialah yang menang. Selamat bermain.

Contoh posisi pemenang adalah seperti gambar berikut ini. Dalam gambar di bawah ini posisi biji 3 biji das warna hitam adalah pemenang. (AY)

Permainan Anak

Leave a Comment