Berita Terkini

Gong Xi Fat Cai 2020

Jangan Lupa Di Rate Ya!
Tinggal Pilih Bintang Saja!

Gong Xi Fat Cai 2020. Happy Chinese New year

Perayaan Imlek 2561 akan jatuh besok pada hari sabtu, 25 januari 2020. Imlek dimulai hari pertama tahun baru perhitungan tanggalan China hingga hari ke 14 atau pada hari raya Cap Go Meh.

Merah, Emas, Jeruk, angpao, dan kue keranjang. Ikan bandeng, makan Mie dan Ang Pao adalah tradisi yang selalu ada pada saat Imlek. Karena warna merah melambangkan keberuntungan dan menjauhkan diri dari roh jahat. Sedangkan warna emas adalah melambangkan kehangatan, kemakmuran, kesejahteraan dan kebahagiaan.


Ang Pao, atau uang yang dibungkus dengan kertas/amplop berwarna merah, diberikan oleh yang telah menikah kepada mereka yang belum menikah. Dari anak-anak yang telah bekerja kepada orang tuanya, atau dari orang tua kepada anak-anaknya. Jumlahnya menghindari angka 4 dan jumlahnya harus genap. Ganjil dianggap akan membawa hal buruk.

Makan Mie Goreng adalah menu wajib kala imlek melambangkan umur panjang. Sementara itu ikan bandeng adalah dipercaya untuk kemudahan mencari rejeki. Sementara jeruk yang masih bertangkai dan berdaun dipercaya agar rejeki tetap tumbuh di tahun yang baru dan berikutnya.

Konon sang Naga dan para Dewa butuh banyak air untuk turun ke bumi. Itulah sebab mengapa Imlek seringkali identik dengan hujan. Sesuatu yang mereka percaya bahwa itu kesuburan…

Pada malam tahun baru Imlek keluarga akan berkumpul untuk makan bersama. Mereka akan mengenakan pakaian- pakaian berwarna cerah terutama merah. Warna putih dan hitam dihindari karena perlambang duka atau kematian.

Lilin-lilin besar dan segala sesajian terutama yang berwarna merah, lagi-lagi dipersembahkan bagi para leluhur yang telah tiada.

Tahun baru Imlek di Tiongkok adalah migrasi terbesar tahunan di dunia. Lebih dari 200 juta orang bepergian. Tak perduli sejauh apapun jarak dari rumah. Mereka akan pulang untuk makan malam, reuni keluarga pada malam tahun baru.  (Cikeu Bidadewi)

Leave a Comment