Sosialita

Jalan-Jalan Ke Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan
Jangan Lupa Di Rate Ya!
Tinggal Pilih Bintang Saja!

Kebun Raya Kuningan merupakan obyek wisata Taman dengan sejumlah bunga langka dan aneka warna. Berada di kaki Gunung Ciremai, pemandangan indah Cirebon serta pantai Laut Jawa terlihat jelas. Destinasi wisata ini disebut sebagai kebun raya terunik di Indonesia karena khazanah bebatuan tematik.

Objek wisata ini merupakan kebun raya terbesar dan terluas di Indonesia. Dibangun di atas lahan seluas 156 hektar, Kebun Raya ini memiliki 23.000 jenis tanaman. Tanaman khasnya berdaun dan berbunga kuning sehingga Kebun Raya ini juga disebut Taman Kuning.

Memasuki area wisata kebun raya dikenakan tiket yang sangat murah. Harga tiket pun ditetapkan sama baik untuk dewasa dan anak-anak juga berlaku setiap hari.


Menyematkan diri sebagai daerah konservasi, membuat Kuningan mengembangkan wisatanya berbasis lingkungan. Wisata teranyar, Kebun Raya Kuningan merupakan salah satu jawabannya. Berkunjung ke kebun raya terbesar di Indonesia ini. Perjalanan yang dilalui pun cukup menantang. Kebun Raya Kuningan, berada di kaki Gunung Ciremai, tepatnya di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Sekitar satu jam 20 menit dari pusat Kota Kuningan, dan 1.5 jam dari Kota Cirebon.

Kelokan dan perbukitan di Kecamatan Pasawahan ini menjadikan perjalanan semakin menantang, medan perbukitan itu akan luput oleh panorama-panorama indah; pesawahan, perkampungan, hutan lindung, hingga pemandangan kota dari ketinggian. Ketika sudah terlihat bebatuan vulkanik besar di sisi jalan. Udara sejuk begitu terasa saat sampai di kawasan konservasi teranyar di Kabupaten Kuningan. Ada beberapa tempat untuk dikunjungi Seperti Rock Garden, Taman Awi (taman bambu), Taman Endemik Ciremai, dan yang lainnya.

Kebun Raya Kuningan

Tujuan wisatawan pertama ialah ke tempat parkir, yang tak jauh dari landmark Patung Kuda Kuningan. Menuju patung ini, wisatawan perlu sedikit jalan menanjak. Dari atas patung kuda tersebut kita bisa melihat ke sekeliling 360 derajat KRK. Setelah dari sana, menuruni tangga dan jalan setapak untuk menuju beberapa taman. Salah satunya Taman Kuning yang ramai dijadikan wisatawan berfoto. Taman yang ditumbuhi khusus bunga-bunga dan buah berwarna kuning ini memang menyita mata. Terlebih kombinasi gundukan batu vulkanik yang menambah kesan artistik. Selain taman kuning, ada juga ragam fasilitas dan zona-zona tematik unik lainnya. Antara lain, Taman Tematik Mangga, Taman Bambu, Zona Vegetasi Gunung Ciremai, Green House, dan masih banyak lainnya.

Taman Kuning

Di samping itu juga ada bundaran air mancur, yang dihiasi warna-warni bunga begonia. Di sisi bagian barat KRK, dialiri Sungai Cipari. Salah satu perlintasannya yang berbentuk cekungan juga menjadi situ atau danau alami. Salah satu ciri khas KRK dibanding kebun raya lain ialah banyaknya bebatuan vulkanik yang besar. Uniknya, batuan tersebut terletak pada posisi yang artistik, bagus untuk spot foto. Lalu persawahan yang berada di sekitar kawasan juga menambah daya tarik KRK sebagai obyek wisata yang alami.

Leave a Comment