Tradisi

Hantu-Hantu Legendaris di Nusantara

Jangan Lupa Di Rate Ya!
Tinggal Pilih Bintang Saja!

Membicarakan soal hantu memang asyik. Ngeri-ngeri sedap, dan ternyata hampir di setiap pelosok daerah di negeri kita yang tercinta ini banyak memiliki hantu-hantu yang cukup legendaris lengkap dengan cerita-cerita mistis menyangkut hantu-hantu tersebut. Beberapa di antaranya kita sudah sama-sama mengenalnya, walaupun belum pernah berjumpa dengannya. Para hantu-hantu legendaris tersebut adalah sebagai berikut.


1. KUNTILANAK
Kuntilanak adalah hantu perempuan yang penampilannya selalu memakai baju putih, rambutt panjang, dan matanya merah. Menurut kepercayaan masyarakat yang beredar, hantu kuntilanak ini suka sekali mengganggu anak kecil dan wanita hamil.

Konon katanya, hantu kuntilanak ini adalah arwah penasaran dari seorang wanita yang mati beranak. Itulah sebabnya ia gentayangan di malam hari untuk mencari anaknya.

Kuntilanak yang biasa juga disebut Kunti ini, ada di hampir di setiap daerah di Indonesia dengan nama yang berbeda. Sebagai arwah penasaran, Kuntilanak ini setiap malam gentayangan mencari-cari di mana anaknya berada. Pohon=pohon besar dan seperti pohon beringin dan pohon nangka adalah tempat yang paling disukai untuk mangkal.

2. POCONG
Hantu Pocong yang jalannya lompat-lompat ini boleh dibilang hantu yang paling populer di Indonesia. Penampilan hantu pocong biasanya terlihat sebagai sesosok mayat dalam bungkus kain kafan yang sepintas nampak seperti bantal guling. Menurut cerita yang beredar di masyarakat mengatakan bahwa hantu Pocong ini berasal dari jasad orang yang meninggal yang ketika dikuburkan ada salah satu tali pocong (tali kafan) yang lupa atau tidak dilepaskan. Oleh karena itu, kalau dia sampai gentayangan mengganggu manusia itu adalah merupakan bentuk protesnya untuk minta dibukakan tali pocongnya. Ada yang bilang kalau wajah pocong itu hitam dan rata, tak punya mata. Versi lain dari cerita pocong menyebutkan bahwa hantu Pocong adalah siluman atau jin yang menjelma menjadi Pocong  yang biasanya suka bermain-main di pohon pisang.

 3. SUNDEL BOLONG
Hantu yang satu ini juga cukup populer. Sundel Bolong adalah hantu perempuan yang masih kerabat dekat Kuntilanak. Dinamai Sundel bolong karena memiliki lubang di punggungnya. Konon kabarnya, hantu ini berasal dari seorang wanita yang sedang hamil dan diperkosa oleh lelaki tak bertanggung jawab sampai ia mati. Bayi dalam kandungan yang dibawa sampai ke alam kubur kemudian terlahir dan berubah menjadi hantu yang disebut Tuyul.

Si Sundel Bolong ini gentayangan di malam hari adalah untuk membalas dendam pada lelaki yang telah memperkosanya. Dipercaya oleh masyarakat kalau punggung hantu yang bolong ini berisi banyak ulat kecil atau belatung. Hiiyy…!

4. TUYUL
Tuyul, yang katanya adalah anak dari Sundel Bolong, memiliki tubuh yang kecil mungil dan suka mencuri uang. Ada pula yang mengatakan bahwa sebenarnya Tuyul ini berasal dari anak yang mati dalam kandungan ibunya, atau terlahir dalam keadaan mati (keguguran). Oleh karena perilakunya yang suka mencuri uang, Tuyul dimanfaatkan oleh manusia yang ingin kaya secara instan. Tuyul menjadi alat Pesugihan dan bisa diperjual belikan.

Keberadaan hantu yang pintar mencuri uang ini memang ada dua pendapat. Yang pertama adalah si Tuyul ini berasal dari bayi yang mati dalam kandungan atau mati karena keguguran. Yang kedua berpendapat kalau  si Tuyul ini memang sebangsa jin yang sudah ada sejak dulu. Dan si Tuyul ini bisa dipelihara oleh manusia untuk mencari kekayaan dengan cara cepat dan mudah, tapi menyimpang dari ajaran agama maupun moral kehidupan.

5. WEWE GOMBEL
Wewe Gombel atau ada juga yang menyebutnya Kelongwewe, adalah hatu perempuan yang masih kerabat Kuntilanak. Wujudnya berupa nenek-nenek menyeramkan dan dia sangat suka pada anak-anak, sehingga suka menculik anak-anak namun tak akan menyakiti si anak yang diculiknya. Hanya untuk mainan saja. Hantu nenek-nenek ini bisa merubah wujudnya menjadi ibu dari si anak yang akan diculiknya.

Menurut kepercayaan masyarakat, Wewe Gombel ini adalah hantu yang berasal dari seorang perempuan tua yang mati bunuh diri. Ia putus asa karena dituduh telah membunuh suaminya yang selingkuh dengan tetangga desanya.

Hantu nenek-nenek ini dikenal sangat menyukai anak kecil sehingga ia sering menculik mereka. Diculik hanya untuk mainan saja. Itulah sebabnya para orang tua suka melarang anak-anaknya yang masih kecil untuk tidak keluar rumah pada waktu sore hari. Nanti diculik Wewe Gombel, katanya. Wewe Gombel memang tidak akan menyakiti anak-anak, tapi wajahnya yang menyeramkan itu bisa saja membuat si anak jadi panik ketakutan. Hiiy…!

6. GENDRUWO
Genderuwo atau Gandaruwo, adalah hantu lelaki yang suka tinggal di bangunan tua, pohon besar, tempat yang lembap atau di hutan. Sosoknya tinggi besar, badan berbulu dan mempunyai taring yang panjang, menjulur keluar dari mulutnya.

Kisah makhluk ini berasal dari mitos bangsa Persia, gandarewa. Di Indonesia, mereka digambarkan memiliki tubuh yang sangat besar, berbulu, dan memiliki taring yang menjulur ke luar mulutnya.

Yang mengerikan dari mahluk halus Gendruwo ini bukan hanya penampilannya yang menyeramkan, tapi juga perilakunya yang bisa mengubah dirinya menjadi manusia laki-laki biasa dan kemudian menghamili perempuan yang diincarnya. Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, hantu Gendruwo ini suka keluyuran di waktu sore menjelang malam mencari mangsa, perempuan yang ia sukai. Waspadalah wahai para perempuan. Jangan sembarang terima lelaki tak dikenal di waktu sore menjelang malam.

7. LEAK
Mahluk supranatural yang bernama Leak ini hanya ada di pulau Bali. Leak diyakini sebagai penyihir jahat. Jadi sebenarnya mereka adalah manusia, tetapi memiliki ilmu supranatural yang tinggi.

Di waktu siang hari, Leak berwujud manusia normal. Di malam hari ia keluar dari sosok manusianya untuk mencari organ tubuh manusia untuk kepentingan ramuan sihirnya agar tetap abadi sepanjang hidupnya. Masyarakat setempat percaya bahwa leak dapat berubah menjadi sosok lain, misalnya kera, harimau, atau babi. Semakin banyak pengorbanan yang dilakukan, semakin sakti pula mereka.

8. JENGLOT
Berbeda dengan hantu-hantu yang lainnya, Jenglot adalah hantu yang bertubuh kecil mirip boneka. Seperti mumi kulitnya gelap mengkilat, dan memiliki gigi taring serta kuku yang panjang. Walaupun mirip boneka dan seakan-akan tidak hidup tapi dipercaya kalau mumi Jenglot memiliki roh di dalamnya. Hal ini dikarenakan rambut, kuku, dan taring jenglot terus tumbuh.

Konon kabarnya, Jenglot hantu ini sebenarnya adalah pertapa yang menginginkan hidup kekal, tapi ada juga yang berpendapat bahwa mahluk halus yang bernama Jenglot ini adalah pesugihan yang dipelihara oleh dukun.


9.
BEGU GANJANG
Begu Ganjang adalah jenis hantu yang ada di Sumatera Utara. Begu artinya arwah atau roh, Ganjang artinya Panjang. Wujudnya adalah semacam menyeramkan mahluk yang sangat tinggi. Rambut panjang, mata merah, dan lidahnya panjang hampir menyentuh tanah. Hantu ini suka sekali mangkal di pohon-pohon yang tinggi.

Kata orang yang pernah melihatnya, mahluk halus yang satu ini bisa berubah wujud menjadi semakin besar dan tinggi apabila kita berani mencoba untuk mendekatinya.

Konon katanya, hantu Begu Ganjang ini dahulu dulu sengaja dipelihara oleh masyarakat untuk menjaga lahan pertanian dan perkebunan. Akan tetapi dikarenakan sifat manusia yang tak pernah puas,  hantu panjang ini disalahgunakan untuk mencelakai manusia, misalnya santet..

 10. PALASIK
Palasik dikenal di daerah Minangkabau. Menurut kepercayaan setempat, Palasik adalah sejenis mahluk gaib pemangsa bayi. Bukan bangsa hantu tetapi bangsa manusia yang memiliki ilmu hitam tingkat tinggi. Konon kabarnya ilmu hitam ini bersifat turun temurun sampai tujuh turunan. Apabila orang tuanyanya adalah Palasik maka anak dan cucunya kelak juga ada yang menjadi Palasik.

Palasik bekerja dengan cara melepaskan kepalanya. Lalu, ada yang hanya kepalanya melayang-layang mencari makan, dan ada juga yang hanya badan tanpa kepala gentayangan mencari mangsa. Mahluk gaib bernama Palasik ini sangat ditakuti oleh para ibu yang memiliki balita karena makanan mahluk ini adalah anak bayi atau balita, baik yang masih berada dalam kandungan ibu maupun bayi/balita yang sudah mati di kuburan. Berdasarkan kesukaan makannya, Palasik dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Palasik yang memakan bayi dalam kandungan. Bayi dalam kandungan yang dimakan Palasik akan terlahir dalam keadaan tanpa nyawa dengan. Sang ibu akan mengalami keguguran. Bayi lahir tanpa ubun-ubun
  2. Palasik yang memakan bayi/balita hidup yang masih rapuh sehingga bayi tersebut sering sakit-sakitan dan akhirnya meninggal.
  3. Palasik Yang memakan mayat bayi yang sudah dikubur

11. GLUNDUNG PRINGIS

Glundung Pringis adalah sejenis hantu yang wujudnya kepala botak tanpa tubuh yang berasal dari daerah Jawa. Wajahnya selalu meringis, nyengir atau ketawa untuk menakut-nakuti manusia. Hantu kepala botak yang suka meringis ini sering berada di sekitar pohon kelapa.

Menjelang magrib ia siap-siap untuk gentayangan mengganggu manusia. Hantu kepala botak ini biasanya menyamar sebagai seekor ayam atau kucing dan buah kelapa yang tiba-tiba jatuh dari pohonnya. Hati-hati, jangan pegang. Sebab begitu dipegang, Ayam, kucing atau buah kelapa itu akan segera berubah menjadi menjadi kepala setan botak yang mulutnya meringis. Hiiy…

12. HANTU BOTOL MANCI

Hantu Botol Manci ini ada di daerah Maluku. Hantu yang suka iseng menganggu bayi atau balita ini kemana-mana selalu membawa botol susu.  Penampilannya seperti kurcaci (manusia kerdil) yang memakai topi warna merah seperti topi Santa Claus, dan wajahnya lumayan menyeramkan.

Tak hanya iseng mengganggu anak bayi dan balita saja. Konon katanya hantu Botol Manci ini dipercaya bisa mengabulkan permintaan apa saja yang kita mau, asal bisa melepas topi merahnya dan mengembalikannya sebelum matahari terbit.

13. KUYANG
Kuyang, adalah hantu di daerah Klimantan Timur. Dia adalah hantu perempuan rambut panjang yang hanya memiliki kepala dengan organ tubuh yang menggantung di lehernya. Masyarakat setempat percaya bahwa Kuyang ini adalah siluman yang haus akan darah, khususnya darah bayi dan wanita hamil. Darah yang paling disukai adalah darah seorang ibu yang habis melahirkan. Menurut cerita yang beredar, hantu Kuyang ini sebenarnya adalah manusia yang sedang mengamalkan lmu hitam. Dalam pelaksanaanya ada syarat yang harus ia penuhi, yaitu dengan melepas diri dari sosok manusianya ketika malam tiba. Semakin banyak darah yang disantap, akan  semakin tinggi pula ilmu mereka.  Tapi tak usah khawatir atau takut. Kehadiran hantu Kuyang bisa ditangkal dengan meletakkan sisir, cermin, dan pisau di sekitar ibu melahirkan. Ketiga benda tersebut dipercaya dapat mengusir Kuyang.

Demikianlah cerita tentang hantu-hantu legendaris yang menjadi kekayaan bumi nusantara kita, dan masih ada lagi beberapa jenis hantu yang lain, seperi: Orang Bunian di Sumatera Barat, Lampor hantu Keranda Terbang, Suanggi hatu dari Papua yang suka memotong kelamin pria hidung belang, Takau dan Anak Sima si mahluk mistis yang paling kuat dan bersembunyi di pedalaman Kalimantan.

Percaya atau tidak mengenai keberadaan dan kebenaran berikut cerita-cerita yang beredar di masyarakat tentang adanya mahluk-mahluk halus ini, terserah anda. Namun sesungguhnya, keberadaan mahluk-mahluk halus yang suka mengganggu ini tidak akan mampu mempengaruhi manusia selama iman kuat dan akal sehat tetap terjaga. Wallahu’alam bi sawab. (AY)

1 Comment

Leave a Comment