Tradisi

Teh Talua ; Sajian Teh Telur Berlapis-lapis Anti Amis

Jangan Lupa Di Rate Ya!
Tinggal Pilih Bintang Saja!

Belum lama ini, jagat media sosial, khususnya Instagram digemparkan dengan tantangan membuat suatu minuman kopi yang berasal dari Rajashtan, India. Bermula dari unggahan aktor tampan Negeri Gingseng, Korea Selatan, Jung Il-Woo yang bertandang ke sebuah kafe di Makao, dan disuguhi kopi dengan topping krim kocok yang mirip dengan Permen Dalgona khas Korea. Bahkan, tantangan dengan taggar dalgonacoffechallenge ini menyentuh angka 79.700 unggahan di Instagram. Selain pembuatannya yang relatif mudah karena tidak diperlukan mesin khusus, minuman kopi krim ini menjadi viral lantaran penampilannya yang mengesankan.

Akan tetapi, ternyata ada yang luput dari perhatian publik, khususnya rakyat Indonesia, tentang minuman unik di negeri sendiri. Sudah pernah dengar Teh Talua? Minuman Teh dengan penampilan yang tak kalah mengesankan dari Kopi Dalgona ini berasal dari Sumatera Barat. Minuman yang terbuat dari campuran teh, gula, dan telur, juga tambahan perasan jeruk nipis ini menjadi menu wajib di warung tradisional maupun restoran Padang.

Dilansir dari www.goodnewsfromindonesia.id, Teh Talua dengan kualitas tinggi, memiliki tiga hingga lima lapis atau yang biasa disebut limo lenggek. Warna-warna ini didapat berkat proses pembuatannya yang unik. Lenggek pertama disebut dengan buriah, lenggek kedua berwarna kecoklatan, dan lenggek ketiga berwarna putih.

Selain itu, Teh Talua juga dikatakan berkualitas jika sendok alumunium yang diletakkan dalam gelas tetap berdiri tegak, lho!


Dahulu, Teh Talua ini merupakan minuman kaum bangsawan. Sebut saja, Pejabat, Saudagar kaya, dan para Juragan. Namun, saat ini, Teh Talua bisa dinikmati siapa saja. Terlebih, karena satu di antara manfaatnya yakni menambah stamina. Teh dengan segudang manfaat ini diminum para petani di pagi hari sebelum pergi ke ladang. Manfaat lain dari teh telur ini, antara lain:

  1. Menambah tenaga
  2. Menjaga kesehatan mata berkat kandungan zat karotenoid dalam teh telur.
  3. Memenuhi kebutuhan asupan vitamin tubuh. Terbukti, di dalam teh talua, memilik berbagai kandungan vitamin A, D, E, dan K, dan
  4. Menunda rasa lapar.

Cara pembuatan Teh ini juga cukup mudah. Cukup siapkan satu butir telur ayam kampung atau telur bebek, satu sendok makan gula pasir, dua sendok makan SKM (Susu Kental Manis), jahe, dan satu bungkus teh celup.

Untuk pengolahannya, rebus jahe yang sudah digeprek dengan satu bungkus teh celup hingga mendidih. Ambil kuning telur, kemudian campur dengan gula dan susu kental manis. Kocok hingga berwarna putih. Kemudian saring air rebusan teh ke dalam gelas yang berisi adonan telur tadi. Sentuhan akhir, beri perasan jeruk nipis untuk menetralisir bau amis dari telur. Teh Talua khas Minang siap dinikmati. Selamat mencoba!

(Titis Nariyah)

Leave a Comment